Sabtu, April 21

Suzuki Satria Fu Spesifikasi, Kelebihan dan Kelemahan


Motor dengan jenis bebek jago ini memang terlihat begitu keren dijalanan. motor ini juga dijagokan sebagai motor paling gesit di kelasnya. terlihat dari spesifikasi mesin yang dijejalkan dalam motor ini, sebesar 150 cc ! motor berteknologi ala moge ini memang sangat menarik perhatian, terutama bagi para pecinta motor. tanpa dilakukan modif pun sudah terlihat keren punya !
Ada sedikit fitur baru pada produksi bulan Mei 2011, suzuki satria mengalami lagi fitur AHO (Automatic Headlamp On, Ialah sibuah fitur lampu yang otomatis menyala. Sistem kerja Lampu tersebut akan menyala secara otomatis kala pengendara menghidupkan mesin motor. Ini untuk menunjang keamanan berkendara sekaligus sebagai gerakan mendukung Safety Riding yang sedang di galakan pemerintah
Dan rasanya ada yang kurang jika tidak melihat spesifikasi lengkap dari motor kencang ini.
spesifikasi lengkap.
SPESIFIKASI TEKNIS :

DIMENSI :
Panjang Keseluruhan : 1.940 mm
Lebar keseluruhan : 652 mm
Tinggi keseluruhan : 941 mm
Jarak Antara As Roda : 1.280 mm
Tinggi tempat duduk : 764 mm
Jarak Mesin ke Tanah : 140 mm
Berat Kosong : 95 Kg

MESIN : 
Tipe : 4 Tak, DOHC 4 Valve, Air Cooled with SACS
Jumlah Silinder : 1 (satu)
Diameter Silinder : 62 mm
Langkah Piston : 48.8 mm
Kapasitas Silinder : 147.3 cm3
Perbandingan Kompresi : 10.2 : 1
Daya Maksimun : 16.0 Ps / 9.500 rpm
Torsi Maksimum : 1.27 kgm / 8.500 rpm

Karburator : MIKUNI BS 26-187
Saringan Udara : Jenis Kertas
Sistem Starter : Kaki
Sistem Pelumasan : Peredaman Oli

TRANSMISI : 
Kopling : Manual Plat majemuk tipe basah
Transmisi : 6 speed constant mesh
Arah perpindahan gigi : 1 ke bawah, 5 ke atas
Rantai penggerak : DID 428 DS, 122 mata

RANGKA :
Suspensi Depan : Teleskopik, pegas spiral, bantalan oli
Suspensi Belakang : Lengan ayun, pegas spiral, bantalan oli
Sudut Setir : 45 derajat (kanan & kiri)
Radius Putar : 2.0 m
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Cakram
Ukuran Roda Depan : 70/90 – 17 38S

Ukuran Roda Belakang : 80/90 – 17 44S

SISTEM LISTRIK :
Sistem pengapian : CDI
Busi : NGK CR8E atau Denso U24ESR-N
Accu : 12 Volt 2.5 Ah 10 HR

KAPASITAS :
Tangki bahan bakar : 4.9 liter
Oli mesin : 1.000 ml
Dengan penggantian saringan oli : 1.100 ml
Benar benar mengusung teknologi yang sangat ‘wah’ dikelasnya ! hal tersebut berdampak pula pada harga yang dibanderol motor pabrikan suzuki ini. Seiiring dengan semakin banyaknya peminat dari satria FU, harga juga semakin melonjak. harga terbaru saat ini (2011) adalah +- Rp 19.500.000, harga yang sangat tinggi untuk motor kelas bebek bukan ?
tapi, sesuai dengan apa yang diberikan dimotor ini :)
Setelelah membahas secara lengkap tentang satria fu 2011 , selanjutnya akan saya bahas Kelebihan dan kelemahan pabrikan suzuki ini.
Setiap motor pasti memiliki kelemahan dan kelebihan didalamnya, nggak mungkin ada motor yang bener bener sempurna ! kok jadi seperti manusia yah :D. motor dengan teknologi tinggi seperti satria fu pun memiliki beberapa kelemahan yang sering dikeluhkan oleh para penunggang kuda besi ini.
berikut saya bahas lengkap mulai dari kelemahn dan kelebihna dari motor ini. mulai dari yang enak enak dulu deh.
Kelebihan Satria FU :
  • Spedometer digital, memberikan secara tepat kecepatan saat melaju.
  • Terdapat radioator pendingin oli.
  • Memiliki Body yang ramping, enak dipake dijalanan kota.
  • Desain Body yang keren, sangat cocok untuk anak muda.
  • Mudah dalam melakukan Modifikasi
  • Terdapat pilihan mode yang dapat dipilih oleh penunggang : irit, power, normal
  • lampu yang terang (repair dari keluaran 2005 pada lampu depan yang gelap)
  • Harga jual kembali yang cukup tinggi
  • tambahan : Sering dilirik cewek :p

Kelemahan Satria F
  • Tidak imbangnya ukuran bodi dan mesin. Dengan kapasitas mesin sebesar 150 cc dan bodi yang ramping menjadikan motor ini terasa melayang terutama saat digeber pada kecepatan tinggi.
  • Konsumsi bahan bakar yang terhitung boros, selain itu dalam manual book disebutkan bahwa Satria F adalah motor yang seharusnya mengkonsumsi bahan bakar dengan kapasitas oktan 98 atau pertamax. Sehingga bagi yang berkantong tipis, tidak akan bisa menikmati performa optimal dari mesin yang canggih tersebut.
  • Tensioner rantai keteng yang tergolong sangat rapuh untuk motor dengan harga mendekati angka 20 juta per unit.
  • Saat dicuci, waspadai cipratan air yang sangat mudah masuk ke dalam tutup busi. Akibatnya, akan mudah muncul karat yang berakibat pada kurang sempurnanya pembakaran. Sesekali akibat kapasitas air yang masuk terlalu banyak bisa menyebabkan mogok
  • Posisi yang kurang nyaman dalam berkendara
  • Sparepart yang mahal dan jarang
Tips : Untuk itulah, apabila motor Satria F Anda masih dalam masa servis gratis, tak ada salahnya meminta kepada bengkel resmi melakukan modifikasi. Khususnya dalam mencegah kemungkinan munculnya keluhan pemakai sebagai akibat adanya kelemahan dari motor kecil bertenaga raksasa ini.

semoga bermanfaat ! :) Otomotif Medan





0 komentar: