Kamis, Mei 10

Rawat CVT Matic Dengan Lilin Parafin


Keset......................




Horeee… asyiiikkk asyikkk,… sekarang buat pemilik motor matic tak perlu bingung dan panik ketika skutik kesayangan mengeluarkan bunyi cruit-cruit kayak bunyi tikus dan kawan-kawanya. Hal tersebut diakibatkan karena karet fan belt sudah tidak keset atau bahasa lainya sudah aus alias tidak menggigit layaknya fan belt baru. Efek lainya motor jadi gak enak di gas di jalanan apalagi yang doyan gaspolll, ampun dech.

Eiittsss, jangan keburu ganti dengan fan belt yang baru atau bahkan langsung memfonis servis besar-besaran tuh skutik kesayanganmu. Starko mekanik tim TDR Starco Racing Purwokerto punya kiat menarik nan murah meriah ditambah merintih pula. “Cukup diolesi dengan lilin parafin” jelas Starko yang gape ngoprek mesin matic. Sebenarnya tips ini muncul ketika Starco meriset mesin balap pada motor matic garapanya. “Masak setiap riset menghabiskan puluhan fan belt, kan biayanya jadi bengkak” kesal Starko yang humoris.
Caranya gampang banget sob, bahkan kita juga bisa melakukanya sendiri tanpa harus ke bengkel atau dealer. Langkah pertama sudah jelas melepas cover CVT kemudian kemudian keluarkan karet fan belt nya. “Tarik pakai 2 tangan biar agak lemas dan biarkan beberapa saat” ujar Starko yang garapanya jadi kampiun di sirkuit sentul beberapa waktu yang lalu, wuihhh selamat deh sob.
Nah, siapkan lilin parafin yang bisa dibeli diwarung atau supermarket. Kemudian oleskan pada bibir fan belt merata hingga semua lapisan tertutup oleh serbuk lilin. Jangan lupa juga dioleskan pada bagian dalam fan belt. Langkah terakhir adalah diamkan sejenak dan pasang kembali. Beressss dech… dijamin kembali keset seperti semula…

0 komentar: